Kurikulum Diploma III Keperawatan menerapkan konsep
Model KSVME yaitu Knowledge, Skills, Values, Meaning, and Experiences (Webber,
P,B, 2002 dalam Keating, S.B, 2006). Pengetahuan
Keperawatan (Nursing Knowledge) adalah
kumpulan, organisasi, 10 dinamika saintifik dan informasi fenomenologikal yang
digunakan untuk mengidentifikasi, menghubungkan, memahami, menjelaskan, memprediksi,
mempengaruhi/ mengontrol fenomena keperawatan.
Keterampilan (Skills) adalah
kegiatan-kegiatan yang meliputi domain kognitif dan psikomotor yang
mengoperasionalkan pengetahuan keperawatan, makna-makna, dan pengalaman. Nilai
(Values) adalah kumpulan keyakinan-keyakinan, atribut, ide-ide, yang
menetapkan ikatan moral benar atau salah dalam berfikir, menilai,
bersikap,karakter, dan perilaku yang menjadi dasar dalam pengambilan keputusan
sepanjang hidup.
Makna (Meaning) adalah
konteks, tujuan dari bahasa.
Pengalaman Keperawatan (Nursing
Experience) adalah proses yang aktif dan unik dalam menetapkan,
“refining”, dan proses berubah. Kerangka Kerja Kurikulum ini harus dianalisis
adakah hubungannya dengan misi dan falsafah kependidikan keperawatan meliputi
kegiatan pembelajaran,
penelitian, sikap etis profesional dalam rangka
mempersiapkan perawat yang kompeten dan bersahabat dan mampu memberikan asuhan keperawatan
kepada pasien.
0 komentar:
Posting Komentar